Tips Cara Membedakan ke Aslian Sertifikat Tanah


Tahukah kita nyatanya di luar sana banyak tersebar sertifikat tanah palsu, jadi untuk Anda yang saat ini berkemauan beli rumah, khususnya rumah sisa atau second harus waspada, sebab tidak bisa sampai kelak Anda akan memperoleh sertifikat palsu. 

Nah, agar hal tersebut berlangsung menerpa Anda, tentu sebaiknya untuk Anda mengetahui beberapa ciri sertifikat tanah atau tempat tinggal yang pribumi serta palsu. 

Bentuk Fisik Sertifikat Tanah Asli / Palsu 

Di beberapa masalah, banyak diketemukan beberapa ciri-cirieksklusif pada sertifikat tanah /rumah palsu, yakni cover atau sampulkitab sertifikat tanah berwarna abu-abu, sebetulnya umum nya sertifikat tanah / tempat tinggal asli yang dikeluarkan oleh Tubuh Pertanahan Nasional (BPN) adalah berwarna hijau. Selain itu, antara ciri sertifikat palsu adalah cap dan tanda-tangan yang tertera dalam sertifikat bertentangan dengan yang asli. 

Hadir & Cek ke BPN Tubuh Pertanahan Nasional 

Untuk memberikan keyakinan kemurnian sertifikat tanah, ada lebih baiknya seandainya Anda langsung hadir ke kantor Tubuh Pertanahan Nasional (BPN), disana faksi BPN akan mengecek sertifikat tanah dengan terinci, mulai dariformat fisik kitab sertifikat tanah sampai nomer register yangtercantum dalam kitab sertifikat. 

Mekanisme kontrol sertifikat tanah pribumi di kantor BPN : 
  • Hadir ke kantor BPN di daerah tempat tinggal Anda 
  • Hadir ke loket kontrol sertifikat tanah 
  • Bawa sertifikat asli, KTP, bukti lunas PBB tahun paling akhir 
  • Waktu kontrol sertifikat tanah sehari 
  • Ongkos kontrol Rp 50.000 

Modus Pemalsuan Sertifikat Tanah 

Sebetulnya ada beberapa modus yang sering dikerjakan oleh mafia pemalsuan sertifikat tanah, tapi yang seringkali dikerjakan adalah denganteknik berpura-pura jadi konsumen tanah atau rumah. Awalannya pelakubakal minta izin untuk pemilik tempat tinggal untuk pinjam sertifikat untuk mengecek keaslian. 

Sesudah diberi, karena itu aktor akan memfotokopi untuk dipalsukan, pelakubakal pelajari dokumen untuk pelajari format tanda-tangan dan cap BPN yang tertera pada sertifikat tanah. Bahkan juga ada beberapa masalah penggandaan dokumen menyertakan pelaku BPN agar sertifikat palsu terlihatlaksana asli. 

Untuk menghindarkan masalah itu, ada lebih baiknya untuk Anda untuk tidak dengan gampang menyerahkan sertifikat tanah untuk calon konsumen. Tetapi jika masalah itu harus dikerjakan, upayakan kita terlebih dulu minta uang DP tempat tinggal terlebih dulu untuk calon konsumen,untuk memberikan keyakinan jika orang itu betul-betul punyai ketertarikan membelilokasi tinggal Anda.

Belum ada Komentar untuk "Tips Cara Membedakan ke Aslian Sertifikat Tanah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel