Tips Memilih AC Mobil yang Berkualitas, Jangan Sampai Pilih AC Mobil tidak dingin

Tips-Memilih-AC-Mobil-yang-Berkualitas-Jangan-Sampai-Pilih-AC-Mobil-tidak-dingin

AC mobil tidak dingin bisa menjadi pertanda bahwa AC mobil Anda mengalami kerusakan. Hal ini bisa disebabkan oleh kompresor yang rusak, pipa mengalami kebocoran, freon habis atau waktunya penggantian, dan lain-lain. Selain itu, ciri lain yang mudah dikenali sebagai tanda kerusakan AC mobil adalah suara mesin yang berisik, AC mati sendiri atau lampu indikator pada AC berkedip saja. Ada baiknya Anda segera mempertimbangkan service AC mobil untuk mengatasi permasalahan umum tersebut. 

Cara mengetahui kerusakan AC melalui tangan dan telinga 

Jika Anda membeli mobil bekas, memeriksa seluruh komponen kendaraan merupakan hal wajib yang harus dilakukan pertama kali termasuk kondisi AC mobil. Anda bisa mengecek tingkat kerusakan AC melalui tangan dan telinga saja. Berikut dua cara yang bisa Anda praktekkan untuk memeriksa apakah AC mobil tidak dingin atau ada kerusakan tertentu. 

1. Deteksi kerusakan AC lewat mobil 

Langkah pertama yang simpel dan bisa Anda lakukan adalah menggunakan tangan. Cukup nyalakan AC mobil dan arahkan tangan ke kisi AC untuk merasakan hawa dingin yang menguar. Jika tangan Anda langsung tertusuk hawa dingin dari AC mobil, maka dipastikan AC memang dalam kondisi terawat atau normal. Bila tangan Anda tidak tertusuk hawa dingin sama sekali, AC mobil bisa saja mengalami kerusakan atau faktor usia yang terlalu lama. 

2. Deteksi kerusakan AC lewat telinga 

Trik mendeteksi kerusakan AC lewat telinga memang butuh keahlian tersendiri, tetapi bukan berarti Anda tidak bisa melakukannya sendiri lho! Nyalakan AC mobil dan dengarkan suara kompresor dengan baik. Bila muncul suara berisik seperti kriet-kriet atau mengorok, bisa dipastikan kalau AC Anda sedang mengalami masalah serius. Bunyi aneh yang terdengar berbeda dengan suara kompresor pada AC beberapa jenis mobil terbaru yang memang lebih keras. 

Jika Anda memang tidak memiliki keahlian mendeteksi AC mengalami kerusakan, bisa segera memanggil jasa service AC mobil yang terpercaya. Pengecekan yang dilakukan oleh ahli bisa mendeteksi dan mengatasi masalah AC mobil tidak dingin atau rusak lebih cepat. Hasil kerja yang optimal menjamin AC mobil Anda kembali bekerja normal. 

Berapa umur ideal AC mobil? 

Tidak bisa dipungkiri bahwa AC mobil memberikan peranan penting untuk mendukung kenyamanan pengemudi dan penumpang. Apalagi Anda yang harus menempuh perjalanan jauh seperti traveling atau mudik, wajib rutin mengecek kondisi AC mobil agar tidak mengalami kerusakan. Coba bayangkan saat Anda harus merasakan macet dan panas di jalanan, AC mobil yang tidak dingin akan membuat tingkat konsentrasi mengemudi Anda buyar! 

Anda harus rutin merawat AC mobil dengan baik mulai membersihkan debu atau kotoran yang menempel, bersihkan piranti filter udara dan ganti freon secara rutin. Waktu paling ideal untuk melakukan servis pada AC mobil adalah setahun sekali. Untuk mobil baru, penggantian freon bisa dilakukan minimal pada tahun kedua. Kalau Anda rajin merawat dan service AC kendaraan, maka umur pendingin AC mobil bisa bertahan sampai 10 tahun. 

Hal berbeda terjadi jika Anda jarang melakukan pembersihan dan service. Umur AC mobil pendek atau bisa bertahan sekitar 2 sampai 3 tahun saja. Biaya yang Anda butuhkan untuk mengganti seluruh komponen AC lama jelas lebih besar, bukan? Yuk, rawat AC mobil Anda agar tetap bisa bekerja optimal dan membuat Anda bisa mengemudi dengan nyaman! Gunakan jasa service AC mobil terpercaya untuk mengatasi permasalahan AC mobil tidak dingin dan lain-lain. 

Belum ada Komentar untuk "Tips Memilih AC Mobil yang Berkualitas, Jangan Sampai Pilih AC Mobil tidak dingin"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel