6 Vitamin Bagus Untuk Otak dan Makanan yang Mengandungnya


Vitamin untuk otak berguna buat perubahan otak anak serta tingkatkan dan pelihara peranan otak orang dewasa. Tanpa ada konsumsi nutrisi yang ideal, terhitung vitamin, otak tidak bisa kerja dengan maksimal. 

Pada seorang dewasa, beberapa macam vitamin didapati bisa menolong tingkatkan ingatan serta potensi kognitif. Tidak itu saja, vitamin untuk otak dapat kurangi efek mengembangnya masalah otak, seperti demensia serta penyakit Alzheimer. 

Buat janin dalam kandungan serta bayi sesudah lahir, vitamin adalah nutrisi penting yang perlu tercukupi pada periode emas tumbuh kembangnya. Periode ini diawali semenjak janin tercipta di kandungan dalam waktu pembuahan sampai usianya seputar 2-3 tahun. Kekurangan vitamin atau nutrisi lain pada periode ini bisa merubah perubahan otak bayi, hingga bayi beresiko alami cacat otak bawaan atau masalah tumbuh kembang. 

Tiap orang butuh memenuhi keperluan nutrisi, terhitung vitamin, untuk memperhatikan kesehatan otak. Beberapa type vitamin untuk otak dapat Anda temukan dengan konsumsi makanan sehat dengan kandungan gizi imbang. 

Di bawah ini ialah beberapa macam vitamin yang diperlukan otak: 

1. Vitamin B1 

Kekurangan vitamin B1 atau tiamin bisa mengakibatkan masalah otak yang disebutkan Sindrom Wernicke-Korsakoff. Keadaan ini dapat membuat penderitanya alami kebingungan, amnesia atau tidak sadar diri, susah mengerti info yang diterima, sampai tanda-tanda yang lebih berat, seperti masalah pengaturan pergerakan badan serta berhalusinasi. 

Untuk kurangi efek masalah otak itu, Anda dapat mendapatkan konsumsi vitamin B1 dari kacang-kacangan, nasi, daging, ikan, makanan beragi, serta sereal yang difortifikasi vitamin B1. 

2. Vitamin B12 

Vitamin B12 bertindak dalam pembentukan mielin, yakni susunan pelindung saraf otak. Vitamin ini bermanfaat membuat perlindungan otak dari kehancuran saraf, menahan tidak sadar diri, dan jaga konsistensi situasi hati serta daya konsentrasi. 

Vitamin B12 terdapat di daging ayam, ikan, susu rendah lemak, keju, yoghurt, serta telur. 

3. Vitamin B6 

Vitamin yang kaya akan pada pisang, kentang, kacang, serta gandum utuh ini, bertindak dalam jaga supaya otak bisa berperan secara baik serta menolong perubahan otak pada anak. 

Tidak itu saja, vitamin B6 bertindak dalam proses produksi serotonin serta norepinephrine yang berperan untuk jaga situasi hati serta menolong otak mengatur depresi. 

Vitamin B6 berperan untuk mendukung produksi hormon melatonin yang bermanfaat untuk mengendalikan waktu tidur serta waktu istirahat badan. 

4. Folat 

Folat atau asam folat ialah nama lain vitamin B9. Walau masih juga dalam riset selanjutnya, beberapa pakar yakini jika asam folat bisa tingkatkan potensi kognitif serta ingatan, sekaligus juga turunkan efek masalah pada otak. 

Folat ini dapat didapat dengan konsumsi kacang-kacangan, biji-bijian, hati sapi, telur, makanan laut, serta sayuran hijau, terhitung brokoli serta bayam. Bila diperlukan, suplemen asam folat dapat juga dikonsumsi untuk meningkatkan konsumsi vitamin untuk otak yang satu ini. 

5. Vitamin E 

Kekurangan vitamin E bisa turunkan potensi badan dalam menantang radikal bebas yang dapat mengakibatkan kerusakan sel badan serta mengakibatkan beberapa masalah otak, contohnya penurunan ingatan, pikun, serta penyakit Alzheimer. 

Minyak sehat, seperti minyak zaitun serta minyak kanola, alpukat, bayam, paprika, serta kacang-kacangan ialah contoh-contoh makanan yang kaya vitamin E. 

6. Vitamin C 

Sama dengan vitamin E, Vitamin C mempunyai karakter anti-oksidan penting yang bisa membuat perlindungan otak dari radikal bebas serta menahan penyakit Alzheimer. Tidak itu saja, vitamin C disangka bisa menolong tingkatkan daya konsentrasi serta potensi kognitif satu orang. 

Makanan yang disebut sumber vitamin C ialah buah serta sayuran, seperti pepaya, mangga, jeruk, jambu, brokoli, tomat, bayam, serta kentang. 

Tidak hanya beberapa macam vitamin di atas, nutrisi lain yang berguna buat otak ialah omega-3. Nutrisi ini bertindak penting dalam perubahan otak anak dan perbaikan jaringan serta sel otak. Kekurangan nutrisi ini bisa mengakibatkan menyusutnya potensi kognitif serta terusiknya proses tumbuh kembang anak. 

Sumber konsumsi omega-3 yang baik mencakup telur, makanan laut, tahu, minyak ikan, kacang almond, serta kacang kedelai. 

Tidak cuma omega-3, nutrisi lain yang berguna untuk otak ialah protein. Protein menolong proses pemulihan saraf otak saat otak alami luka, dan tingkatkan peranan serta kesehatan otak secara detail. Protein dapat diperoleh dari daging, ikan, kacang kedelai, tempe, tahu, ikan, udang, serta telur. 

Tidak hanya dari makanan, vitamin untuk otak itu dapat juga didapat dengan konsumsi suplemen vitamin. 

Tetapi sebelum konsumsi suplemen vitamin untuk otak, Anda disarankan untuk berdiskusi dengan dokter terlebih dulu tentang type vitamin yang pas dengan keadaan Anda, dosis mengonsumsi, serta efek resikonya yang bisa ada. 

Diluar itu, imbangi juga pemakaian vitamin dengan pola hidup sehat, seperti teratur olahraga, lakukan untuk tidur yang cukup, serta kurangi depresi.

Belum ada Komentar untuk "6 Vitamin Bagus Untuk Otak dan Makanan yang Mengandungnya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel