7 Langkah yang Wajib Anda Ikuti Saat Menderek Mobil


Buat pemilik mobil, hal yang paling menyusahkan ialah kendaraannya berhenti. Lebih, bila berlangsung di larut malam. 

Hal yang dapat dikerjakan ialah, dengan menelepon penyuplai derek kendaraan, apabila tidak dapat minta pertolongan pengendara lain dapat jadi pilihan. 

Tetapi, waktu akan menderek mobil yang berhenti, ada hal yang perlu dilihat seperti dikutip Suzuki Indonesia: 

1. Sediakan tali penarik 

Untuk dapat menderek mobil, gunakan tali penarik yang kuat. Dapat yang dibuat berbahan baja atau tambang. Sebab penting, sebaiknya bila Anda tetap sediakan tali penarik di bagasi mobil jadi langkah mengantisipasi. 

2. Lihat berat mobil 

Waktu akan menderek mobil yang berhenti, Anda harus yakinkan dahulu berat mobil yang menderek semakin besar (lebih berat) dibanding mobil yang akan diderek. Jelas maksudnya untuk lebih mempermudah proses penderekan. 

3. Pasang tali derek dalam tempat yang pas 

Memasangkan tali penarik yang akan digunakan untuk menderek itu susah-susah gampang. Beberapa mobil memang punyai pengait yang berada di sisi bumper depan atau belakang. Tapi bila Anda kesusahan, coba cek buku panduan kendaraan agar lebih jelas. 

Ingat, jangan sesekali mengikat tali derek pada bumper atau suspensi sebab tidak kuat meredam berat kendaraan yang akan diderek. 

4. Lihat panjang tali derek 

Terlihat remeh memang, tetapi panjang tali punya pengaruh pada keselamatan Anda. Panjang tali yang dianjurkan ialah seputar 4 mtr. atau kira-kira selama body mobil yang akan diderek. Ini penting agar mobil gampang dikontrol saat akan mengerem serta berbelok. 

5. Jalan perlahan-lahan saja 

Waktu menderek mobil, yakinkan tali tidak kendur. Ini penting untuk meminimalkan peluang entakan efek tali putus. Selanjutnya, mobil penderek semestinya meningkatkan kendaraan dengan perlahan-lahan untuk meminimalkan peluang entakan serta tali putus. Agar pergerakan mobil yang diderek masih konstan, batas kecepatan optimal ialah 30 sampai 40 km. /jam. 

6. Ketahui rute 

Sebelum lakukan penderekan, diskusi dahulu pada si penderek rute mana yang akan ditempuh. Ini penting agar nanti penderek serta mobil yang diderek dapat menghadapi rute-rute yang berlubang, tanjakan, turunan sampai persimpangan. 

7. Nyalakan lampu 

Waktu mulai diderek, langsung nyalakan lampu penting. Ini penting agar pemakai jalan dapat tahu keadaan mobil Anda. 

Waktu berhenti, Anda pun dianjurkan untuk menyalakan lampu hazard serta saat berbelok, pakailah lampu sein jauh sebelum masuk kelokan. Jika ada permasalahan pada mobil, berikan sinyal dengan klakson atau lampu jauh.

Belum ada Komentar untuk "7 Langkah yang Wajib Anda Ikuti Saat Menderek Mobil"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel