Terpaksa Mudik Saat Pandemi? Inilah 4 Tips yang Bisa Diterapkan

Terpaksa-Mudik-Saat-Pandemi-Inilah-4-Tips-yang-Bisa-Diterapkan

Masa darurat akan pandemi Covid-19 yang menyerang Indonesia telah dinyatakan Pemerintah akan berlangsung sampai akhir Mei 2020. Itu berarti masyarakat Indonesia terancam akan merasakan hari lebaran di bawah kewaspadaan tinggi akan wabah. Maka tidak heran, berbagai aturan tentang mudik pun dibuat. Nah, bagaimana dengan nasib Anda yang sudah memesan tiket pesawat dan nekat mudik? Yuk simak tips amannya berikut ini.

Sejak wabah virus ini menyerang Indonesia, Pemerintah sudah mengantisipasi arus mudik yang biasanya terjadi di masa libur lebaran dari jauh-jauh hari. Bahkan, Kementerian terkait pun sudah menggodok opsi pelarangan mudik di tahun 2020 ini. Namun yang namanya rindu keluarga tidak terelakkan. Kemungkinan meski dilarang pun, akan ada banyak warga perantauan yang nekat untuk pulang kampung dan yakin jika dirinya baik-baik saja.

Jika sudah begini, tentu kewaspadaan diri sendiri yang harus ditingkatkan. Tidak mudik memang bagus untuk mencegah penularan virus, namun tentu rasa kangen akan keluarga yang sudah ditahan setahun tidak terbendung bagi beberapa orang.

Mudik aman di tengah pandemi

Nah, bagi Anda yang sudah terlanjur memesan tiket pesawat dan merasa sayang untuk membatalkannya mungkin bisa mengikuti beberapa tips aman mudik di ulasan berikut ini, yaitu :

1. Sedia Masker dan Hand Sanitizer

Covid-19 ini mengancam siapa saja yang dilewatinya. Anda mungkin masih sehat, muda, dan rajin olahraga, namun hal tersebut bukan jaminan Anda tidak akan terkena virus ini jika tidak hati-hati. Untuk itu, sebaiknya dalam perjalanan pulang dimana Anda akan menemui banyak kerumunan, Anda harus siap masker yang terstandarisasi dan juga hand sanitizer yang mengandung 70% alkohol sesuai anjuran dunia kesehatan.

2. Lakukan Physical Distancing

Mengenakan masker dan rajin menggunakan hand sanitizer saja rupanya tidak cukup untuk mencegah penularan virus. Cara ampuh lainnya adalah melakukan physical distancing alias menjaga jarak antara satu sama lain.

Presiden dan para pakar dunia kesehatan menghimbau agar Anda minimal menjaga jarak sekitar 1 – 2 meter dari orang lain. Tidak berlaku untuk mudik saja, namun hal ini juga berlaku untuk kesehariannya.

3. Jangan Datang ke Zona Merah atau Keluar dari Zona Tersebut

Sebaiknya, selama virus ini masih ada, Anda mengikuti anjuran pemerintah dimana Anda harus stay at home, work from home, dan juga menjauhi keramaian. Untuk itu bagi Anda yang ingin ke zona merah atau berasal dari daerah kategori tersebut, misalnya saja Jakarta atau Surabaya, baiknya Anda tidak bepergian lebih dulu. Anda mungkin tidak sakit, tapi bisa saja Anda menjadi carrier yang menyebabkan orang lain sakit.

4. Isolasi Diri 14 Hari Setelah Tiba

Jika Anda yang dari zona merah nekat pulang, maka ada baiknya Anda sadar diri dan lebih peduli terhadap kesehatan orang-orang di sekeliling Anda. Periksakan diri Anda begitu turun dari kendaraan dan sebelum menuju rumah. Tunggu hasil pemeriksaan keluar dengan isolasi diri Anda sendiri di rumah selama 14 hari lamanya.

Jangan biarkan keluarga Anda mendekat sebelum Anda dinyatakan sehat dan bukan Orang Dalam Pengawasan. Hal ini tentunya untuk kebaikan Anda dan juga orang tersayang Anda.

Demikian ulasan mengenai tips mudik aman bagi Anda yang sudah terlanjur membeli tiket pesawat dan sudah sangat rindu rumah. Namun jika Anda takut keluarga terdampak, tidak apa-apa menunda kepulangan. Toh, masih banyak waktu untuk menemui keluarga setelah pandemi ini berakhir. Covid-19 memang berbahaya, namun jika kita tahu cara pencegahannya, bukan tidak mungkin kita akan selamat. Semoga ulasannya bermanfaat.

Belum ada Komentar untuk "Terpaksa Mudik Saat Pandemi? Inilah 4 Tips yang Bisa Diterapkan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel